Blog Campur Campur | Berbagi sedikit informasi Agar Lebih Bermanfaat

5 Tanda Gangguan Kesehatan Mata Anak

Lebih memperhatikan kondisi kesehatan anak dari ujung rambut sampai ujung kuku adalah hal wajib bagi orang tua, karena pada anak yang masih usia dini belum bisa mengerti dengan gangguan kesehatan yang dialaminya

Khususnya untuk kesehatan mata anak, gangguan penglihatan pada anak bisa menghambat perkembangannya. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan yang cepat dan tepat, karena indra penglihatan sangatlah penting bagi buah hati untuk bisa berkonsentrasi saat belajar.


Mata membantu anak dalam membaca, menulis, dan melakukan hal lain dengan baik. Terkait dengan itu, laman Boldsky menuliskan bahwa masalah kesehatan mata pada anak-anak harus segera diatasi dengan segera.

Untuk itu penting bagi orang tua untuk mengenali tanda berkurangnya kesehatan mata anak. Anda bisa mengenali lima tanda anak saat mengalami ganguan kesehatan mata berikut ini :

1. Jarak Baca Dekat
Saat melihat anak membaca buku dengan jarak yang sangat dekat, ada kemungkinan anak Anda terkena gangguan mata. Bisa jadi, anak mengalami kesulitan untuk membaca dengan jarak yang agak jauh.

2. Sering Menyipitkan Mata
Anak akan menyipitkan matanya pada saat fokus melihat satu benda. Bila itu terjadi terlalu sering, bahkan ketika berada pada jarak dekat, hal ini bisa jadi tanda ada gangguan pada mata si kecil.

3. Malas Membaca
Jika anak Anda malas membaca atau menghindari kegiatan membaca, ada baiknya orang tua menanyakan sebab si buah hati malas membaca. Karena bisa jadi anak Anda malas melakukan kegiatan bermanfaat ini karena sedang mengalami gangguan mata.

4. Mata Berair
Jika mata anak Anda berair dan merasa pusing saat membaca, segera bawa anak Anda ke dokter.  Mungkin saja anak Anda terkena gangguan mata

5. Sering Menggosok Mata
Saat anda melihat anak terlalu sering menggosok mata saat membaca, ini merupakan indikator gangguan mata. Memang benar, tujuan menggosok mata adalah untuk mendapatkan pengelihatan yang jelas, tapi jika hal ini terlalu sering dilakukan, sebaiknya Anda segera periksakan si kecil ke dokter spesialis mata.


Share:

Translate This Blog