Blog Campur Campur | Berbagi sedikit informasi Agar Lebih Bermanfaat

3 Cara Mudah Kecilkan Perut Buncit Dengan Diet Semangka

Memiliki perut buncit bagi setiap orang memang benar-benar mengganggu penampilan dan gerak kita. Banyak orang berperut buncit telah mencoba berbagai cara untuk mengecilkannya. Tapi kebanyakan dari mereka gagal. Nah, berikut ini saya akan sharing satu cara mengatasi hal tersebut, yaitu dengan diet semangka. Semangka diklaim bagus untuk mengempeskan perut buncit.

Semangka merupakan makanan dengan kepadatan energi yang rendah (karena kandungan airnya yang tinggi) dan kalorinya sangat kecil walaupun orang makan dalam jumlah banyak. 

Makanan seperti ini sangat berguna untuk penurunan berat badan, karena dapat membuat perut kenyang tanpa menambahkan kalori terlalu banyak. Dengan kandungan airnya yang tinggi, semangka dapat mencegah orang mengalami dehidrasi dan dapat mencegah keinginan makan makanan penutup lain yang justru tinggi kalori.

Menurut American Dietetic Association 91% kandungan air dalam semangka dapat bertindak sebagai diuretik alami. Terkait dengan hal ini Mayo Clinik menjelaskan efek diuretik pada semangka membuat orang akan sering buang air kecil. Ini akan mengurangi jumlah retensi air dalam tubuh (penyebab perut buncit).
Dalam dua porsi mangkok irisan dadu semangka mengandung karbohidrat 21 gram, gula 20 gram serta tidak mengandung lemak dan kolesterol. Makanan bebas lemak secara alami, tentu saja akan lebih baik dimetabolisme oleh tubuh, sehingga mengurangi resiko kelebihan lemak dibagian perut alias buncit (National Watermelon Promotion Board).

Setiap porsi semangka juga terkandung 30% kebutuhan harian seseorang untuk vitamin A sebagai beta-karoten, 25% untuk vitamin C dan 8% untuk kalium (detikcom). Dan untuk mendapatkan manfaatnya, semangka bisa dikonsumsi sebagai jus tanpa gula untuk sarapan, makanan ringan menjelang makan siang, serta sebagai makanan penutup setelah makan siang atau makan malam.

Semangka juga bermanfaat untuk kesehatan selain berguna untuk menurunkan berat badan. Antioksidan yang terkandung di dalam semangka dapat meningkatkan fungsi alami sistem kekebalan tubuh serta mengurangi resiko penyakit jantung. Jika dikonsumsi sebagai bagian dari pola makan seimbang, semangka juga dapat mengurangi resiko stroke, batu ginjal, keropos tulang, diabetes dan kanker (Cleveland Clinic).

Dalam menu diet penurunan berat badan, buah semangka bisa anda jadikan sebagai menu utama ataupun menu tambahan. Sedangkan 3 langkah mudah memanfaatkan buah semangka menjadi menu diet menurunkan berat badan adalah sebagai berikut :

1. Menjadikan Buah Semangka Menjadi Menu Camilan
Langkah pertama diet Buah semangka adalah menjadikan buah segar ini sebagai menu camilan. Berarti anda mengubah semua menu camilan yang biasa anda makan sehari-hari seperti; gorengan, snack, dan camilan lainnya. Anda rubah menu camilan anda dengan buah semangka karena mengandung serat dan banyak air. Seperti yang kami ambil dari sumber LiveStrong bahwa untuk menurunkan berat badan dengan buah semangka, anda harus megganti semua menu camilan anda dengan buah semangka.


2. Konsumsi Buah Semangka Setelah Makan
Langkah kedua adalah dengan mengkonsumsi buah segar ini setelah makan namun aturannya harus mengurangi porsi makan anda. Khususnya saat makan siang dan malam. Jika diperlukan ganti menu makan malam anda dengan hanya makan buah semangka saja. Dengan demikian tidak ada asupan kalori yang akan menumpuk di perut anda ketika tidur dan andapun tetap kenyang.


3. Makan Buah Semangka Setelah Berolahraga
Sebagai langkah ketiga menjadikan buah semangka sebagai menu diet menurunkan berat badan adalah dengan makan buah segar ini setelah anda melakukan aktivitas olahraga. Tujuannya adalah untuk mengembalikan energi anda setelah berolahraga. Karena buah semangka mengandung gula alami yang sangat baik untuk mengembalikan energi anda. Langkah ketiga ini akan sangat baik bila anda juga minum air putih sebelum dan setelah berolahraga.

Bagi anda yang mempunyai riwayat gangguan anemia atau tekanan darah rendah, sebaiknya anda berhati-hati menjalankan diet mudah menurunkan berat badan dengan buah semangka. Lebih baik anda konsultasikan dengan dokter sebelum anda menjalankan program ini. Karena buah semangka bisa menyebabkan turunnya tekanan darah dan membuat tubuh terasa lemas.

Demikian informasi yang saya bagikan tentang langkah mudah merunkan berat badan dengan buah semangka, semoga bermanfaat.
Share:

Translate This Blog