Blog Campur Campur | Berbagi sedikit informasi Agar Lebih Bermanfaat

5 Makanan Murah Ini Ampuh Mencegah Kanker

Seperti yang dituliskan dalam Wikipedia, kanker adalah salah satu penyebab utama kematian di negara berkembang dan menjadi salah satu penyakit mematikan yang ditakuti. Kebanyakan kanker dapat dirawat dan disembuhkan, terutama jika perawatan dimulai sejak awal. 

Banyak bentuk kanker yang berhubungan dengan faktor lingkungan yang sebenarnya bisa dihindari. Merokok menjadi salah satu penyebab terbanyak daripada faktor lingkungan lainnya. Oleh karena itu, sebelum penyakit ini menyerang tubuh anda, ada baiknya, anda mencegahnya mulai dari sekarang. 

Salah satu langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah serangan penyakit kanker adalah dengan mengonsumsi makanan pencegah kanker. Pada laman Boldsky.com, Rabu (16/3/2016), beberapa makanan yang ampuh mencegah penyakit berbahaya ini, disebutkan sebagai berikut :

1. Wortel
Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh. Dalam wikipedia, disebutkan bahwa selain vitamin A, wortel juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B6, B9 dan C, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan sodium. Kandungan Beta-karoten (vitamin A) yang merupakan anti-oksidan yang terdapat dalam wortel dapat memperlambat perkembangan sel kanker. Wortel juga dapat melindungi sel-sel Anda dari kerusakan.

2. Tomat
Tomat adalah buah yang biasa dimakan sebagai sayur dalam masakan atau dimakan secara langsung tanpa diproses. Tomat mengandung lycopene yang berfungsi sebagai antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker paru-paru, payudara, dan prostat.

3. Anggur
Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang biasanya digunakan untuk membuat beberapa jenis minuman atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratrol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan menghancurkan sel-sel kanker. Kandungan yang terdapat dalam buah anggur ini juga dapat meminimalkan peradangan dalam tubuh Anda.

4. Jahe
Jahe adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Makanan ini mengandung antiinflamasi dan juga antikanker. Jahe yang anda konsumsi secara teratur bisa berfungsi sebagai pencegah pertumbuhan kanker. Jahe dapat mencegah kanker ovarium.

5. Bawang putih
Bawang putih sebagai salah satu bahan bumbu dapur ini banyak mengandung zat anti-kanker. Kandungan sulfur yang ada dalam bawang putih dapat melawan sel-sel kanker dan memperlambat pertumbuhan kanker. Bawang putih diketahui dapat mencegah kanker paru-paru, payudara, usus besar, dan prostat.
Share:

Translate This Blog